Sabtu, 25 Februari 2012

Segmentasi


segmentasi pasar1 300x284 Segmentasi
SEGMENTASI… Secara sederhana segmentasi dapat didefinisikan sebagai proses untuk membagi-bagi pasar ke dalam beberapa segmen. Hermanwan kertajaya dalam buku seri marketingnya mengatakan bahwa segmentasi adalah sebuah metode bagaimana melihat pasar secara kreatif. Artinya anda perlu melihat segmentasi sebagai seni untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan beragam peluang yang muncul di pasar. Dengan segmentasi yang tepat anda dapat menempatkan sumber daya anda sesuai dengan segmen-segmen pasar yang telah didentifikasi.

Agar anda bisa kreatif dalam melakukan segmentasi, terlebih dahulu anda perlu memperhatikan beberapa peranan dari segmentasi.
1. Segmentasi memungkinkan kita untuk lebih fokus. Dalam hal ini kita akan semakin mudah dan jelas dalam mengalokasikan sumber daya. Anda juga akan semakin fokus ke pasar sesuai dengan keunggulan kompetitif perusahaan anda
2. Segmentasi memungkinkan anda mendapatkan insight mengenai peta kompetisi dan posisi pasar.
3. Segmentasi merupakan basis untuk memudahkan anda masuk ke langkah-langkah berikutnya, seperti positioning, diffrentiation, dan branding. Bila kurang tepat dalam melakukan segmentasi dapat dipastikan anda akan mengalami kesulitan langkah-langkah selanjutnya
4. Segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahken pesaing dengan memandang pasar dari sudut yang unik dan cara yang berbeda.

Terdapat bebrapa cara dalam memandang pasar yaitu static attribute segmentation, dynamic attribute segmentation, dan individual segmentationStatic attribute segmentation adalah sehmentasi berdasarkan geografis dan demografis. Berdasarkan geografis berarti anda melihat pasar berdasarkan wilayah seperti negara, provinsi, kota, desa. Sementara berdasarkan demografis berarti anda mencermati pasar dari segi jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama, pendidikan, jumlah penduduk.

Dynamic attribute segmentation merupakan cara memandang pasar berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter manusia, seperti kebiasaan, sifat, perilaku, dan gaya hidup (life style). Segmentasi dengan cara ini benar-benar menyentuh ke sisi yang lebih dalam dari keputusan sesorang dalam melakukan pembelian.

Sementara itu individual segmentation memandang pasar secara lebih personal. Pada masa lalu individual segmentation sangat sulit untuk dilakukan karena infrastruktur belum memadai, tetapi sekarang dengan hadirnya internet hambatan itu dapat diatasi. Individual segmentation ini banyak dilakukan oleh perusahaan yang berbasis internet.
Memasuki era dimana dunia sudah tidak ada batasnya lagi, segmentasi berdasarkan atribut-atribut dinamis dan individual merupakan hal yang sangat tepat. Di era dimana informasi berkembang ke seluruh penjuru dunia dan setiap orang bebas untuk berekspresi dan bergaya maka batasan geografis nampaknya sudah tidak cocok lagi karena life style di satu tempat kini dengan mudahnya dapat menyebar dan diikuti ditempat-tempat lainnya.
Maka perusahaan yang mampu memandang pasar secara kreatif dalam melakukan segmentasi lah yang akan mampu memanangkan persaingan karena segmentai merupakan langkah awal untuk membuat dan mengaplikasikan konsep-konsep pemasaran lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar