Sabtu, 25 Februari 2012

Hubungan Marketing Mix Dan Internet


marketing mix 300x225 Hubungan Marketing Mix Dan Internet
Menurut McCarthy , memperkenalkan mengenai marketing mix yang terdiri dari 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Hingga saat ini, 4P masih memegang peran dalam formulasi dan implementasi strategi pemasaran. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori marketing mix khususnya Promotion sebagai dasar media pemasaran konvensional yang kemudian akan diadaptasi ke dalam media pemasaran secara online.

Menurut Kotler dalam buku Manajemen Pemasaran menyebutkan bahwa Product (Produk) adalah adalah solusi kepada keinginan pelanggan dan/atau kebutuhan. Produk mengacu pada karakteristik suatu produk, layanan, atau brand. Internet menyediakan pilihan terhadap berbagai inti produk, pilihan untuk mengubah perluasan produk, memiliki peran dalam penelitian online dan kecepatan dalam pengembangan produk baru . Banyak sekali produk-produk yang saat ini dijual melalui layanan online berbentuk website. Perusahaan mampu menjadikan website sebagai wahana dalam melakukan kustomisasi produk yang akan dibeli oleh pelanggan, misalnya perusahaan Dell. Selain itu, layanan purna jual misalnya update driver, panduan pengguna, atau software dapat di-download secara langsung melalui website. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa internet menyediakan sebuah cara dan metode baru untuk mengumpulkan feedback pelanggan secara lebih cepat dan mempercepat pengembangan produk baru hingga proses percobaan produk baru secara lebih cepat dan efektif. Informasi produk baru itupun mampu menyebar lebih cepat dan luas .
Price (harga) merupakan elemen yang paling fleksibel dari ketiga komponen marketing mix. Perusahaan mampu menggunakan internet untuk membangun harga yang berbeda untuk pelanggan yang berbeda pula di berbagai belahan dunia sesuai dengan teknologi berdasarkan Internet Protocol (IP) Address. Bahkan, melalui teknologi internet, pelanggan mampu membandingkan harga untuk produk yang sama akan tetapi pada website yang berbeda-beda. Selain itu, internet juga mampu mengurangi harga jual tiap produk dengan mengurangi biaya operasional toko dan jumlah pegawai.
Place (tempat) adalah komponen marketing mix yang menjelaskan pada bagaimana suatu produk didistribusikan kepada pelanggan. Metode baru dari pendistribusian barang melalui penjualan online disediakan melalui peningkatan teknologi internet. Hal ini memungkinkan pelanggan membuat keputusan pembelian dimanapun dan kapanpun. Internet memiliki pengaruh yang paling baik dalam Place pada marketing mix dikarenakan internet memiliki pasar yang sangat luas. Selain itu, perusahaan mampu melakukan perluasan bisnis dengan cukup mudah ke pasar internasional melalui internet.
Promotion (promosi) merupakan komponen marketing mix yang mengacu pada bagaimana komunikasi pemasaran digunakan untuk menginformasikan kepada pelanggan dan pemegang kepentingan lainnya mengenai sebuah organisasi maupun produk-produknya. Internet dapat digunakan sebagai media baru untuk mengimplementasikan setiap komponen untuk mengkomunikasikan layanan maupun produk seperti iklan, promosi penjualan, Public Relation, dan pemasaran secara langsung.
Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa internet sebagai sebuah media untuk periklanan yang digunakan oleh perusahaan untuk menyampaikan pesan melalui website atau banner iklan pada website yang lebih populer dan mampu mendatangkan calon pembeli baru pada website perusahaan. (sumber : digilib.ittelkom.ac.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar